Senin, 05 Oktober 2009

Tokoh Fiktif dalam Alkitab



Yusuf Bapa tiri Yesus dan juga suami Bunda Maria adalah Pribadi yang memiliki keistimewaan luar biasa, kemuliaan Yusuf dapat diketahui dari peran Beliau di beberapa peristiwa penting, diantaranya; Hanya kepada Yusuf Malaikat Tuhan datang dan menyampaikan amanat Agung {perihal pemberiaan nama "Yesus" kepada jabang bayi Maria kekasih Yusuf}.

Selain pemberian nama, juga hanya kepada Yusuf, Malaikat Tuhan berapa kali menampakkan diri dalam mimpi berkenaan dengan tugas kudus Yusuf untuk menyelamatkan Yesus. Malaikat Tuhan-lah yang memerintah Yusuf agar lari ke Mesir beserta Maria dan bayinya guna menghindarkan Putra Maria dari kekejaman Raja Herodes yang hendak membunuhnya dan Malaikat Tuhan pula yang memerintahkan Yusuf agar kembali ke tanah Israel beserta Maria dan si bayi setelah kematian Raja Herodes. Begitulah singkat cerita tentang pribadi Yusuf yang sangat mulia. {kisah dari INJIL MATIUS}.

Melihat perannya yang amat penting dan mulia, semestinya Yusuf ditempatkan sebagai tokoh yang tidak terlupakan oleh umat kristen dalam sejarah mereka, namun karena ada sesuatu yang pincang dan jika terbongkar cukup membahayakan nasib berlangsungnya agama kristen, maka pihak gereja sengaja membungkus rapat bahkan mengkubur dalam-dalam riwayat Yusuf.
Hampir seluruh tokoh kristen (para pendeta dan pastor) senantiasa menghindar dari pembahasan sejarah yang berkaitan dengan Yusuf, mengapa ?

Mengenal Nama Yusuf dari Alkitab:
18Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. MATIUS 1:18 dan berlanjut hingga ayat 25.

kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. LUKAS 1:27

Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, --karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud--LUKAS 2:4

13Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia." 14Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, 15dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."MATIUS 2:13-15

19Setelah Herodes mati, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi di Mesir, katanya: 20"Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya dan berangkatlah ke tanah Israel, karena mereka yang hendak membunuh Anak itu, sudah mati." 21Lalu Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya dan pergi ke tanah Israel. 22Tetapi setelah didengarnya, bahwa Arkhelaus menjadi raja di Yudea menggantikan Herodes, ayahnya, ia takut ke sana. Karena dinasihati dalam mimpi, pergilah Yusuf ke daerah Galilea. 23Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret. MATIUS 2:19-23

Kata mereka: "Bukankah Ia ini Yesus, anak Yusuf, yang ibu bapanya kita kenal? Bagaimana Ia dapat berkata: Aku telah turun dari sorga?" YOHANES 6:42

Jumlah nama Yusuf bapa tiri Yesus dalam Alkitab dapat dihitung dengan jari, karena tidak banyak disebut dan terakhir Alkitab menyebutnya pada saat Yesus berumur 12 tahun, itu pun tanpa menyebut nama Yusuf tetapi memakai kata ganti "bapa Mu" yang ditulis dalam Alkitab sebagai berikut: 48Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya:"Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau." LUKAS 2:48

Walaupun masih banyak yang bisa diungkap dari ayat-ayat di atas, tetapi untuk saat ini pembahasan lebih terfokuskan pada masalah Yusuf. Setelah ayat Lukas 2:48 tadi, riwayat Yusuf suami Bunda Maria lenyap hingga tidak ada orang kristen yang mengenal pengorbanan Yusuf.

Memang ada berapa hal yang perlu dibahas berkenaan dengan sejarah Yusuf, diantaranya.
Pada saat Yesus disalib, tidak ada satu pun ayat Alkitab yang menerangkan kehadiran Yusuf, hanya terdapat ayat yang mencatat kehadiran Bunda Maria disertai beberapa wanita.

Saya sebagai orang yang ingin menerima penjelasan, beberapa kali telah mencoba bertanya kepada penganut agama kristen (tentunya mereka yang berpendidikan tinggi), Di manakan Yusuf ketika Yesus disalib ? Sebagian dari mereka karena ingin menghindari pembahasan sejarah Yusuf, menjawab dengan : Yusuf sudah meninggal dunia sebelum Yesus disalib.

Jika jawaban itu benar, Bagaimana reaksi Yesus saat mengetahui Yusuf meninggal?
Apakah reaksi Yesus atas meninggalnya Yusuf tidak diriwayatkan karena pada masa itu sejarah belum mencatat ? Atau karena Yesus belum menjadi Tuhan hingga belum sanggup menghidupkan kembali Yusuf yang mati ? Andaikata pada waktu itu sejarah belum mencatat kisah Yesus, Bagaimana dengan sejarah yang mencatat peristiwa saat Bunda Maria hamil hingga kelahiran Yesus ?

Buah pernikahan Yusuf dan Maria.
Di dalam Alkitab diceritakan bahwa perkawinan antara Yusuf dan Maria membuahkan beberapa anak putra dan putri, diantara nama putra-putra mereka tertulis di dalam INJIL MATIUS: 55Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya bernama: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? MATIUS 13:55

Seandainya Yusuf bukan sosok Fiktif (benar-benar pernah ada wujudnya) Adakah dalam sejarah Yahudi orang memberi nama putranya sama dengan nama sang ayah ? Pernahkah kita baca ada nama Yahudi; Daud Bin Daud, Solomon Bin Solomon, Samuel Bin Samuel ? atau di Indonesia; Bambang anak Pak Bambang, Sugeng anak Pak Sugeng, Agus anak Pak Agus ? Seandainya benar salah satu saudara Yesus dari Bunda Maria bernama Yusuf, Bukankah Yusuf Bin Yusuf jadinya ? kalau hal itu tidak mungkin terjadi, berarti..

Bukan hanya kisah Yusuf yang Fiktif dalam Alkitab, melainkan tokoh Fiktif itu akan menyeret seluruh kisah yang berkaitan dengannya, termasuk; kisah pemberian nama pada Yesus, kisah tugas menyelamatkan Yesus ke Mesir, cerita Yusuf nampak Malaikat Tuhan dan masih banyak lagi, bahkan ada beberapa tokoh dalam Alkitab yang harus siap tergeser, Bukankah Yudas saudara Yakobus yang riwayatnya tertulis dalam Alkitab
(SURAT YUDAS) juga putra Yusuf?

Bagaimana akan ada wujud Yudas sedangkan sang ayah "Yusuf" hanya tokoh Fiktif?
Terbongkarnya sejarah Yusuf pasti akan membuat masa depan Gereja sangat suram dan tidak akan ada orang yang menganut kristen kecuali yang tidak memiliki kemampuan berfikir.

Untuk menghindari krisis kepercayaan, Langkah yang diambil oleh para tokoh kristen sangatlah tepat (sebisa mungkin mereka menghindari pembahasan sejarah Yusuf suami Bunda Maria dengan orang-orang ISLAM) , Sedangkan untuk menghadapi Jemaat mereka sendiri (umat kristen), Para tokoh kristen telah dibekali senjata Roh Kudus oleh Saulus / Paulus sebelum kematiannya.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar