Minggu, 11 Oktober 2009

Mengapa Tuhan melarang murid2 dll mengatakan bahwa Dia Mesias?

Dalam Mat 16:20 Tuhan Yesus melarang murid2Nya untuk memberitahu bahwa Dia Mesias.
Referensi ayat2 lain yg mengatakan bahwa Yesus melarang memberitahu Dia Mesias:

1. Mat 12:16
2. Mar 3:12
3. Mar 8:30
4. Luk 4:41
5. Luk 9:21

Mengapa Tuhan melarang murid2 dll mengatakan bahwa Dia Mesias?
Apakah pada saat itu, konteksnya belum waktunya Tuhan untuk menyatakan bahwa Dia Mesias?
Padahal seharusnya ketika Tuhan Yesus datang, semua orang harus diberitahu agar semua orang pada waktu itu percaya sama Tuhan Yesus.

Saya berpendapat bahwa Tuhan Yesus sengaja tidak memberitahukan agar Allah dapat menggenapi rencana karya keselamatanNya agar Yesus tetap disalibkan. Karena bila semua orang tahu Dia Mesias, siapa yang mau menyalibkan Dia? Karena yg menyalib Dia adalah ahli2 Hukum Taurat Yahudi dan yang tidak percaya. Bila semua orang tahu pada zaman itu bahwa Dia Mesias, yg pasti tidak terjadi penyaliban (penebusan dosa). Yg terjadi adalah semua orang akan menyembah Yesus dan tidak mau menyalibkan Dia.
Jadi untuk menjalankan rencana karya Keselamatan (supaya Dia disalib), Tuhan Yesus sengaja melarang memberitahukan bahwa Dia Mesias agar Dia bisa disalib sama orang yg tidak percaya kepadaNya.
Benarkah pendapat saya ini?

Memang pikiran dan rencana Tuhan sulit didalami manusia

Tapi setidaknya kita bisa mempelajari rencana Tuhan
Mohon atas pencerahannya.

1 komentar:

  1. Justru supaya orang-orang itu cepat menyebarkan, maka Yesus melarang mereka memberitahu. Yesus tahu bahwa orang itu tak mungkin tahan tidak memberitakan Yesus. Kalau dilarang menyebarkan, justru cepat tersebar.Itu psikologi manusia. Jadi, Yesus tak bermaksud merahasiakan bahwa Ia adalah Mesias. Terimakasih.

    BalasHapus